BBM solar campur air sudah diuji coba untuk 10.000 km

Tags


Bahan bakar minyak (BBM) yang tengah dikembangkan PT Pertamina yakni solar dicampur air, diklaim tak hanya aman tapi juga bagus untuk membersihkan mesin kendaraan bermotor. Pertamina menyebut sudah melakukan uji coba untuk eksperimennya kali ini.
Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan tahap awal uji coba untuk solar campur air dilakukan pada mesin berkecepatan sedang seperti genset. Setelah berhasil, bahan bakar tersebut diujicoba pada kendaraan mesin diesel milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
"Kemudian uji jalan menggunakan mesin ITB sejauh 10.000 km dan hasilnya bagus ketimbang dari solar biasa. karena solar biasa itu Cetane Numbernya 48, kalau dari solar campur air ini capai 65," ujar dia kepada merdeka.com di Jakarta, Jumat (22/5).
Dari hasil uji coba itu, emisi yang dikeluarkan dari BBM solar campur air ini sangat rendah sehingga cukup ramah terhadap lingkungan. Opasitas solar campur air di bawah 10 persen. Jauh lebih bagus ketimbang biodiesel yang mencapai 15 persen.
"Saat ini terdapat dua produk utama dari hasil pengolahan Solar Emulsi tersebut yaitu, mikro dan makro," kata dia.
Berbeda dari BBM solar campur air, untuk BBM dari bahan baku lumut hingga saat ini belum dilakukan uji coba. Untuk melakukan uji coba, BBM jenis ini harus diperbanyak.
"Kita kan baru mencoba untuk sample saja. Kalau bagus dari hasil uji baru kita bisa produksi lebih banyak. Produksinya kan juga harus gunakan lahan kering untuk budidaya," kata Wianda.
Menurut Wianda, kedua bahan bakar tersebut memang diproyeksikan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
"Kedua bahan bakar minyak ini diproyeksikan untuk alternatif bahan bakar kendaraan bermotor," katanya.

[noe]
sumber:http://www.merdeka.com/uang/bbm-solar-campur-air-sudah-diuji-coba-untuk-10000-km.html