SEPUTAR GENSET

Tags

PRIMA KENCANA RENTAL AC ( AIR CONDITIONER ) | RENTAL GENSET | RENTAL TENDA | RENTAL MISTY FAN 
Bagaimana pemasangan genset yang benar dan aman ke rumah saya?

Jawab:
Pada dasarnya, untuk generator rumah dengan daya dibawah 3.000 watt pemasangan generator ke rumah bisa dengan cara langsung menghubungkan kabel listrik dari generator ke stok kontak rumah Anda. Perhatikan baik-baik sebelumnya bahwa kabel yang Anda gunakan adalah kabel yang tepat juga stok kontak bagus. Jika tidak dan kabel atau stok kontak memiliki daya lebih kecil akan berakibat panas.

Cara pemasangan ini juga Anda harus perhatikan bahwa sekering listrik harus diturunkan. Jika Anda lupa, akan mengakibatkan bahaya saat listrik PLN menyala dan akan beradu dengan listrik genset. Hal ini akan mengakibakan genset kalah dan merusak alternator. Garansi tidak berlaku untuk kerusakan seperti ini, apa pun mereknya.

Instalasi yang aman untuk genset Anda adalah dengan menambahkan ohm saklar pada meteran Anda. Saklar ini berfungsi untuk kontrol sumber listrik bangunan apakah menggunakan listrik PLN atau listrik dari genset. Saklar ini jelas aman karena tidak mungkin ada bentrok antara PLN dan genset. Setelah ohmsaklar ditambahkan stok kotak yang menghubungkan ke genset langsung. Kabel tidak perlu permanen, dapat bongkar pasang sehingga hanya jika dibutuhkan saja genset dikeluarkan dan dihubungkan ke stok kontak khusus ini.

Instalasi yang lebih profesional dan khusus genset elektrik adalah dengan panel ATS (Automatic Transfer Switch) yang secara otomatis mengalihkan listrik ke genset saat terjadi kegagalan suplai dari PLN. Berhubung harga cukup tinggi tidak banyak yang menggunakan ini kecuali perkantoran atau institusi kesehatan yang mengharuskan ketersediaan listrik yang pasti.


Saya ingin genset saya menyala automatis saat listrik padam, apa yang dibutuhkan?

Jawab:
Jika Anda ingin menambahkan alat untuk automatis genset menyala saat suplai listrik PLN tidak ada, maka alat tersebut dinamakan panel ATS (Automatic Transfer Switch). Panel ini akan mendeteksi suplai listrik rumah maupun kantor Anda apakah tersedia dari PLN atau tidak. Jika PLN tidak suplai listrik maka panel ATS akan otomatis menghidupkan genset Anda dan beberapa menit kemudian akan mensuplai listrik ke bangunan.

PRIMA KENCANA RENTAL AC ( AIR CONDITIONER ) | RENTAL GENSET | RENTAL TENDA | RENTAL MISTY FANPanel ATS adalah panel terpisah dari generator (ada beberapa generator yang memiliki panel ini secara build-in) dan memiliki harga yang cukup mahal. Perkiraan harga adalah 8-10 juta untuk generator atau suplai listrik 5.000 watt. Harga yang hampir sama dengan genset.

Cara kerjanya panel ini adalah jika suplai listrik PLN gagal maka panel akan instruksikan genset untuk menyala oleh karenanya hanya genset yang memiliki elektrik starter yang bisa menggunakan panel ATS. Setelah genset menyala dan dipanaskan beberapa menit, suplai listrik akan dialihkan ke genset dan listrik bangunan akan menyala. Ada jeda beberapa menit untuk memanaskan genset sebelum suplai.


Genset Bensin apa Solar untuk kebutuhan saya?

Jawab :
Genset bensin/gasoline menurut hemat kami lebih tepat untuk penggunaan rumahan dengan daya listrik dibawah 5.000 watt. Penggunaan daya lebih besar akan lebih baik menggunakan genset berbahan bakar solar yang lebih efisien. Ada beberapa jenis genset lebih besar daripada 5.000 watt dengan menggunakan bensin yang dapat digunakan untuk kebutuhan suplai listrik Anda.

Silahkan pilih bahan bakar genset yang Anda butuhkan dengan pertimbangan antara lain:

1. Lokasi, mudah mana ketersediaan bahan bakar di lokasi Anda berada. Beberapa lokasi didaerah hal ini akan sangat berpengaruh untuk menentukan genset yang sesuai kebutuhan

2. Beban atau Daya yang dibutuhkan. Dibawah 5.000 Watt dapat menggunakan genset bensin, 5.000-10.000 adalah transisi dimana Anda dapat menggunakan kedua bahan bakar bensin maupun solar. Diatas 10.000 watt sudah dapat dipastikan hanya solar saja yang dapat Anda gunakan. Mesin bensin jelas tidak akan memadai untuk kebutuhan beban listrik sebesar ini.

3. Kebutuhan tingkat kebisingan di lokasi pemasangan. Genset bensin didominasi genset tipe open-type untuk kebutuhan rumah. Ada beberapa genset bensin yang bertipe silent namun tidak banyak. Tingkat kebisingan mesin bensin cukup tinggi, walau masih dapat diterima untuk beberapa kebutuhan. Tingkat kebisingan mesin bensin rata-rata diatas 70 db, atau kurang lebih seperti mesin mobil diesel yang terbuka.

Genset solar dengan mesin diesel pada dasarnya dapat menghasilkan suara yang lebih kencang dibandingkan genset bermesin bensin. Karenanya genset diesel/solar didominasi genset tipe silent dengan kebisingan rata-rata 65 db. Bisa dibayangkan jika mesin diesel ini berjenis open-type dengan tingkat kebisingan jauh lebih tinggi daripada mesin bensin open-type.

Semoga Bermanfaat..!!


Sumber :  http://indoteknik.com